Kamu Merasa Sehat? Yuk Lakukan Ini

Teman Kiks, sadar gak sih, semakin berkembangnya teknologi, peradaban manusia semakin berkembang juga. Segala informasi dapat menyebar dengan mudah dari belahan bumi mana pun. Dalam hal ini apakah selalu memberikan dampak positif? Jawabannya, TIDAK!

Pernahkah Teman Kiks menyaksikan orang-orang obesitas di perkotaan? Mengapa saya menyoroti perkotaan? Karena dampak teknologi yang lebih terlihat adalah di perkotaan šŸ˜‰ Banyak orang-orang mengonsumsi makanan yang cepat saji,Ā soft drink, kurangnya aktivitas fisik, lebih memilih bermain denganĀ gadgetĀ daripada berlarian di lapangan, nonton sambil makanĀ pop corn, lebih memilih menggunakanĀ liftĀ untuk naik ke lantai 1, serta masih banyak lagi kemudahan-kemudahan yang diberikan oleh teknologi. Teknologi telah berhasil membius sebagian dari kita untuk tergantung padanya. Singkatnya, ada dampak kesehatan yang ditimbulkan karenanya, yaitu bermula dari obesitas dan berlanjut dengan berbagai komplikasi lainnya.

Untuk itu, saya ingin mengajak Teman Kiks untuk memulai hidup sehat SAAT INI! (note to my self) Hal pertama yang harus Teman Kiks lakukan adalah mengoreksi diri sendiri, berdiri di depan kaca dan lihat seperti apakah penampakan Anda. Apakah gemuk, kurus, ada tumpukan lemak di perut, lengan, paha? Nah, lho apakah ada masalah dengan bentuk tubuh? Untuk mengetahuinya, yuk cek dulu IMT-nya.

Sudah ketemu?

Ok, selanjutnya kita akan membahas tentang bagaimana cara mengatur pola makan. Sebelumnya, kita harus tauĀ seberapa banyak asupan yang harus dikonsumsi tiap harinya.Ā Untuk itu, kita harus menghitungĀ kebutuhan gizi yang kita perlukan.

Penghitungan kebutuan gizi seseorang dalam keadaanĀ sehat dilakukan berdasarkan umur,Ā jenis kelamin, aktivitas fisik, dan kondisi khusus (seperti ibu hamil dan menyusui). So, kebutuhan giziĀ setiap individuĀ ituĀ berbeda.Ā Gak ada manusia yang sama kanĀ šŸ˜‰ Komponen utama yang menentukan kebutuhan gizi adalah Angka Metabolisme Basal (AMB), atau dalam istilah asingnyaĀ Basal Metabolic RateĀ (BMR). Singkatnya, angka ini adalah kebutuhan energi dasar manusia tanpa ia melakukan aktivitas, misalnya energi untuk bernafas, mencerna makanan, jantung yang memompa darah, dan lain sebagainya. Jadi, dalam kondisi yang diam saja kita membutuhkan energi untuk bertahan hidup.

Cara menghitung AMBĀ ada beberapa cara:

> Menggunakan Rumus Harris Benedict

Laki-laki = 66 + (13,7*BB) + (5*TB) – (6,8*U)

Perempuan = 655 + (9,6 *BB) + (1,8*TB) -(4,7*U)

Keterangan:

BB adalah berat badan dalam kg

TB adalah tinggi badan dalam cm

U adalah umur dalam tahun

> Cara cepat

(a) Laki-laki = 1 kkal*kg BB*24 jam ||Ā Perempuan = 0,95 kkal*kg BB*24 Ā jam

(b) Laki-laki = 30 kkal*BB || Perempuan = 25 kkal*BB **biasanya rumah sakit menggunakan rumus ini karena lebih praktis, terutama dengan jumlah pasien yang melimpah

> Cara FAO/WHO/UNU

**cara ini lebih rumit, kita pakai cara yang gampang aja ya hihihi šŸ˜‰

Nah, setelah mengetahui cara menghitung AMB, kita harus tau kategoriĀ aktivitas fisikĀ (af).

Untitled

Contoh Kasus:

A adalah seorang perempuan berusia 25 tahun dengan BB 57 kg dan TB 152 cm, mempunyai IMTĀ 24,7 dengan aktivitas ringan. Berapakah kebutuhan energinya?

Ok, kita coba hitung AMBĀ A

(a) Rumus Harris Benedict

= 655 + (9,6*57) + (1,8*152) – (4,7*25) = 1358,3 kkalĀ ā‰ˆ 1358 kkal (dibulatkan)

(b) Rumus Cepat 1

= 0,95*57*24 = 1299,6Ā ā‰ˆ 1300 kkal (dibulatkan)

(c) Rumus Cepat 2

= 25*57 = 1425 kkal

**Kebutuhan AMB menurut 3 cara di atas tidak menunjukkan perbedaan berarti. So, cara menghitung dengan rumus cepat 1 dan 2 lebih praktis digunakan di lapangan. Untuk selanjutnya kita gunakan rumus ini saja yaa :)**

Selanjutnya, kita hitung kebutuhan energi A.Ā Kebutuhan energiĀ diperoleh dengan mengalikan AMB dengan af.

= 1425*1,55 = 2208,75Ā ā‰ˆ 2209Ā kkal (dibulatkan)

Nah, gampang kan šŸ˜‰ hayoo berapa kebutuhan energimu?

Catatan: Untuk menghitung kebutuhan energi orang sakit berbeda dengan orang sehat ya. Begitu juga untuk orang yang ingin menaikkan atau menurunkan BBnya. Nantikan postingan selanjutnya, mohon do’a semoga gak males nulis hehehe šŸ˜‰ *menulis seperti ini lebih lama dan melelahkan karena harus itung-itung dan input angka-angka hehehe*

References:

Text BookĀ Penuntun Diet Instalasi Gizi Perjan RS Dr. Cipto Mangunkusumo dan Asosiasi Dietisien Indonesia

Iklan

4 tanggapan untuk “Kamu Merasa Sehat? Yuk Lakukan Ini”

  1. Hi mba Rizky! Seru merhatiin kondisi kesehatan sendiri..
    Btw, ada cara untuk memperkirakan jumlah kalori dari makanan yang kita makan sehari-hari mba? Misal untuk sepiring nasi dengan porsi wajar segini kalori, sepotong paha ayam segitu…

    Aih, tampilan blognya udah beda euy.. Temanya sama dengan saya šŸ™‚
    Long live affinity!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s