Obesitas? Tak Masalah, Yang Penting Sehat

fat
fat and flat

Hai Teman Kiks, akhir-akhir ini kita sering diperdengarkan berita tentang terjadinya obesitas pada anak-anak. Sebagian besar orang tua beranggapan bahwa anak yang gemuk berisi adalah anak yang lucu dan menggemaskan, sehingga dengan sukarela para orang tua menuruti permintaan asupan anaknya. Namun, anggapan yang lucu dan menggemaskan tersebut sirna ketika mengakibatkan si anak susah beraktivitas, atau bahkan susah bernapas.

Berdasarkan Riskesdas 2007, prevalensi obesitas pada anak usia sekolah terdapat 9,3% untuk anak laki-laki dan 6,4% untuk anak perempuan. Kondisi tersebut memberikan dampak buruk bagi anak di masa mendatang. Pasalnya, kondisi tersebut dapat meningkatkan resiko penyakit, misalnya diabetes, penyakit jantung, stroke, kanker, dan lainnya.

Obesitas tidak hanya terjadi pada anak, kondisi ini juga dapat terjadi pada orang dewasa. Kondisi usia yang bertambah juga dapat memperburuk dampak dari obesitas terhadap resiko terjadinya berbagai penyakit. Gaya hiduplah yang dapat menentukan seberapa sehat seseorang di masa depan.

bomb
bomb

Taukah Teman Kiks, sebenarnya obesitas itu adalah kondisi terdapatnya akumulasi lemak tubuh yang berlebihan, bukan hanya kelebihan berat badan. Nah, banyak di antara masyarakat yang beranggapan “tak masalah kalau gemuk atau obesitas, yang penting sehat”. Eits, mungkin saat itu badan masih sehat bugar dan kuat beraktivitas apa pun. Tapi, bagaimana dengan 10 tahun mendatang atau bahkan 5 tahun mendatang?

proses penumpukan lemak pada pembuluh darah | tidak terjadi secara instan
proses penumpukan lemak pada pembuluh darah | tidak terjadi secara instan

Buat Teman Kiks yang belum mengalami obesitas, ada baiknya mulai sekarang mengikuti gaya hidup sehat. Pencegahan terjadinya obesitas sangat diutamakan. Hal ini karena, apabila terdapat kelebihan asupan dalam tubuh, kelebihan tersebut disimpan dalam bentuk lemak. Kemudian, sel lemak tersebut akan meningkat ukurannya, sekaligus meningkat jumlahnya, hingga terjadilah obesitas. Apabila terjadi penurunan berat badan, ukuran sel lemak akan mengecil, namun jumlah sel lemak akan tetap. Hal inilah yang menyebabkan berat badan seseorang yang pernah mengalami obesitas akan mudah  meningkat kembali.

Nah, ini ada 4 Pilar Prinsip Gizi Seimbang yang Teman Kiks harus penuhi:

  1. Mengonsumsi anekaragam pangan

Taukah Teman Kiks, bahwa nasi adalah sumber utama kalori tapi miskin vitamin dan mineral, atau sayur dan buah kaya akan vitamin, mineral, serat tapi miskin kalori dan protein, atau ikan adalah sumber protein tapi sedikit kalori? Oleh karenanya, kita membutuhkan semua jenis pangan untuk memenuhi kebutuhan kita, tentunya dengan proporsi yang cukup.

  1. Membiasakan perilaku hidup bersih

Budaya perilaku hidup bersih akan menghindarkan seseorang dari keterpaparan sumber infeksi yang dapat mempengaruhi status gizi seseorang. Seseorang yang sakit akan mengalami penurunan nafsu makan, kan Teman Kiks? Padahal kebutuhan zat gizi orang yang sakit lebih banyak.

  1. Melakukan aktivitas fisik

Aktivitas fisik berperan dalam menyeimbangkan zat gizi yang keluar dari dan yang masuk ke dalam tubuh. Nah, Teman Kiks bisa menentukan olahraga apa saja yang disukai, misalnya berenang, berkuda, memanah, lari, bermain badminton, basket, sepak bola, atau lainnya.

  1. Memantau berat badan secara teratur untuk mempertahankan berat badan normal

Dengan memantau berat badan, Teman Kiks bisa tau apakah terjadi penyimpangan terhadap keseimbangan zat gizi dalam tubuhnya, sehingga dapat dilakukan langkah-langkah pencegahan dan penanganannya.

Bagaimana, Teman Kiks? Jangan sampai obesitas mendekatimu dan menghancurkan masa depanmu yaaa. Yuk, tetap sehat!

References:

Materi Kuliah Patofisiologi oleh dr. Naufal

Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 41 Tahun 2014

Riskesdas 2007

Iklan

3 tanggapan untuk “Obesitas? Tak Masalah, Yang Penting Sehat”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s