Ketika Derpina Anyang-Anyangan

Pagi itu, Derpina pergi ke dokter…

 

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah infeksi pada saluran kemih akibat adanya mikroorganisme dalam urin. Escherichia coli merupakan penyebab tersering (60-80%) pada ISK serangan pertama. Penelitian di dalam negeri, antara lain di RSCM Jakarta, juga menunjukkan hasil yang sama. Kuman lain penyebab ISK yaitu Proteus mirabilis, Klebsiella pneumonia, Klebsiella oksitokaProteus vulgaris, Pseudomonas aeroginosa, Enterobakter aerogenes, dan Morganella morganii, Stafilokokus, dan Enterokokus.

ISK serangan pertama umumnya menunjukkan gejala klinik yang lebih jelas dibandingkan dengan infeksi berikutnya. Gangguan kemampuan mengontrol kandung kemih, pola berkemih, dan aliran urin dapat sebagai petunjuk untuk menentukan diagnosis. Bahkan, ISK dapat menyebabkan sakit saat buang air kecil. Nah, inilah yang biasa kita sebut dengan anyang-anyangan.

“Siapa saja yang akan diserang ISK?”

sumber: Facebook Page Prive Uri-cran (klik pada gambar untuk menuju ke Facebook Page Prive Uri-cran)

ISK dapat menyerang siapa saja, laki-laki, perempuan, tua, atau muda. Tapi, risiko perempuan terkena ISK lebih besar, yaitu mencapai 50%. Kebanyakan perempuan juga berisiko mengidap kondisi ini berulang kali bahkan hingga bertahun-tahun. Orang-orang yang lebih berisiko mengalami situasi ini, yaitu:

  • Wanita lebih berisiko mengidap anyang-anyangan karena saluran kemihnya lebih pendek, sehingga bakteri lebih mudah mencapai kandung kemih.
  • Wanita yang aktif secara seksual lebih berisiko mengidap anyang-anyangan.
  • Wanita yang menggunakan alat kontrasepsi, terutama kontrasepsi diafragma dan spermisida.
  • Memiliki kelainan saluran kemih bawaan sejak lahir yang menyebabkan urin tidak dapat keluar dari tubuh secara normal atau mengalir kembali ke kandung kemih.
  • Setelah masa menopause, risiko wanita terkena anyang-anyangan meningkat karena kurangnya kadar estrogen mengubah keadaan imun kandung kemih sehingga lebih rentan untuk terinfeksi.
  • Menurunnya sistem kekebalan tubuh akibat penyakit tertentu, seperti diabetes, sehingga menyebabkan tubuh tidak bisa melawan bakteri.
  • Mengalami penumpukan urin pada kandung kemih akibat sumbatan pada saluran kemih seperti pembesaran prostat yang menekan saluran kemih atau batu ginjal.
  • Orang yang menggunakan kateter untuk buang air kecil.

Nah, ini beberapa tips untuk mencegah anyang-anyangan:

> Perhatikan arah basuhan setelah buang air kecil, arah basuhan yang benar adalah dari depan ke belakang supaya bakteri E. coli tidak masuk ke saluran kemih.

> Jangan menahan buang air kecil, dikarenakan menahan berkemih bisa membuat seseorang terkena batu ginjal. Batu ginjal merupakan salah satu penyebab seseorang terkena ISK.

> Mandi dengan air mengalir ternyata lebih baik karena bisa membuat bakteri E. coli luruh bersama dengan air yang mengalir.

> Bakteri E. coli sering ditemukan di toilet umum yang kotor. Jadi, bawalah tisu untuk berjaga-jaga jika di dalam toilet tidak tersedia.

> Hindari celana dalam yang ketat, karena bakteri Chlamydia bisa muncul karena celana dalam yang ketat.

> Cukup mengonsumsi air putih (0,03 liter per kg berat badan per hari).

Cranberry adalah buah yang banyak tumbuh di Benua Eropa, Asia, dan Amerika yang terbukti efektif dalam mengatasi anyang-anyangan. Tenaaang, buah Cranberry sekarang sudah ada ekstraknya. Jadi gak perlu pergi jauh-jauh untuk mendapatkannya. Cukup ke Guardian atau Kimia Farma dan membeli produk Prive Uri-crananyang-anyangan terobati.

Saat ini, produk Prive Uri-cran terdiri dari 2 macam bentuk, yaitu kapsul dan powder. Untuk aktivitas yang super padat dan butuh gerak cepat, bisa pilih kapsul. Di saat ingin merasakan sensasi menikmati jus Cranberry di Eropa atau Amerika, yang powder adalah ratunya.

sumber: Facebook Page Prive Uri-cran (klik pada gambar untuk menuju ke Facebook Page Prive Uri-cran)

Kapsul. Satu dus kapsul Prive Uri-cran terdiri dari 3 blister yang masing-masing terdiri dari 10 kapsul. Satu kapsul mengandung Vaccinium macrocarpon (ekstrak Cranberry) 250 mg dan 18 mg PAC (Proanthocyanidin). Suplemen ini dapat dikonsumsi 1-2 kapsul per hari.

Powder. Satu dus Prive Uri-cran Plus  terdiri dari 15 sachet, masing-masing 8 gram. Tiap sachet mengandung Vaccinium macrocarpon (ekstrak Cranberry) 375 mg, Vitamin C 60 mg, Bifidobacterium bifidum 0,1 mg, Lactobacillus acidophilus 0,1 mg, Frukto Oligo  Sakarida 0,1 mg, dan Kalsium Laktat Glukonat 1 mg. Suplemen ini dapat dikonsumsi 1-2 sachet per hari.

derpina

Sssttt… ini rahasia! Dengan mengonsumsi Prive Uri-cran berarti kita bisa meraup berbagai manfaat lainnya dari buah Cranberry yang gak hanya mengatasi masalah anyang-anyangan. Mau tau? Klik di sini. Yuk peduli dengan kesehatan kita dan like Facebook Page Prive Uri-cran untuk mendapatkan tips dan info kesehatan saluran kemih:)

*Tulisan ini diikutkan dalam Prive Uri-cran Blogger Competition*

References:

Combiphar.com. 2016. Prive Uri-cran. [diakses tanggal 1 Juli 2016]

Combiphar.com. 2016. Prive Uri-cran Plus. [diakses tanggal 1 Juli 2016]

My Prive World. 2016. Mengapa Wanita Lebih Rentan Terkena Anyang-Anyangan? [diakses tanggal 15 Juli 2016]

Pardede SO, et al. 2011. Konsensus Infeksi Saluran Kemih Pada Anak. Jakarta: Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Unit Kerja Koordinasi (UKK) Nefrologi.

Iklan

6 thoughts on “Ketika Derpina Anyang-Anyangan

  1. kalo laki-laki, saya dulu sih, kadang gara-gara goncangan yang terlalu keras, misalnya lompat dari atas trus.. hehe, atau misal main bola.

    kalo dulu solusinya sederhana, kan anyang-anyangan biasanya pagi pas bangun tidur, habis itu langsung minum air putih sebanyak-banyak, insyaAllah sembuh.. 😀

  2. Saya dulu juga sering banget anyang anyangan, rasanya kebelet pipis terus. Waktu itu aku belum tau kalau Prive Uri-cran adalah obatnya, tapi semenjak ada Prive Uri-cran, sekarang saya jadi lebih tenang. Soalnya nanti begitu terseran anyang anyangan, Prive Uri-cran bisa jadi pilihan tepat untuk mengatasi anyang anyangan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s