Maria

Namanya, Maria. Ia telah dibesarkan dengan baik, oleh keluarga baik-baik. Keluarga yang selalu menjaga dan menyayanginya. Keluarga yang memberikan apa yang ia butuhkan, tapi tak memanjakannya.

Ia tumbuh dengan sangat baik. Menjadi seorang anak perempuan yang mempunyai hati lembut dan berbuat baik kepada ibu bapaknya. Tak pernah aku mendengar sedikit pun ia membantah atau bernada tinggi saat bercakap dengan kedua orang tuanya. Begitu santun.

Kini Maria sudah besar, cukup dewasa untuk dibilang seorang anak. Sebentar lagi ia akan duduk di bangku kuliah. Tempat di mana ia akan menapaki anak tangga pertamanya untuk menggapai apa yang ia inginkan. Tempat ia akan terbangun dan mewujudkan mimpinya.

Maria, dia sepupuku. Sepupuku, tapi… dia bukan sepupuku. Dia adalah satu-satunya anak paman dan bibiku, tapi… sesungguhnya dia bukan anak paman dan bibiku. Tapi, bukan begitu yang ia tau. Yang ia tau, namanya Maria, anak paman dan bibiku.

Waktu berjalan begitu cepat ya, Maria. Tak kurasa dulu kau yang masih kecil, bayi 9 bulan, pertama bertemu dengan keluarga kami di rumah nenek, kini sudah besar. Mungkin, kau tak ingat saat itu. Perpisahan mengharukan antara kau dan ibu kandungmu, ibumu menangis sejadi-jadinya, ingatkah? Jelas kau tak ingat, karena tertidur pulas dalam buaian. Kami menerimamu dengan bahagia mengharu pilu. Tak tega melihat ibumu. Tapi, keluarga kami tak bisa menyembunyikan kebahagiaan yang dirasa. Kehadiranmu adalah anugrah bagi kami. Tangisanmu telah ditunggu sejak lama.

Aku ingat saat itu, kau juga diantar oleh seorang anak perempuan, seusiaku, dan ada satu adiknya. Mereka berdua kakakmu. Hei, kau punya dua kakak. Dan kabarnya kau juga punya adik, yang senasib denganmu. Sssst, tapi Maria ini rahasia, kau tak boleh tau dulu. Belum saatnya.

Maria, tenanglah. Keluarga kami keluarga baik-baik. Tak kan tega kami sengaja melukaimu setelah perpisahan itu. Tumbuhlah menjadi anak yang baik. Hingga suatu saat nanti, kau cukup dewasa untuk tau yang sesungguhnya tentang dirimu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s