Saatnya Liburan Produktif

liburan produktif

Generasi muda adalah generasi pembaharu, di mana ratusan juta rakyat negeri ini bertumpu. Menjadi the agent of change bukanlah perkara mudah atau susah, tetapi mau atau tidak mau. Selama kita mau, pasti akan ada jalan untuk melaluinya. Ingat suatu pepatah, man jadda wa jadda, barang siapa yang bersungguh-sungguh maka ia akan mendapatkan hasil yang diinginkan, Insya Allah. Siapa sih yang tidak ingin mendapatkan hasil sesuai dengan keinginan kita? Ya tentu syaratnya kita harus bersungguh-sungguh dulu. Tidak ada yang instan. Itulah intinya.

Berada di bumi ini merupakan suatu karunia yang sungguh luar biasa. Mengapa begitu?

Ingatlah ketika Tuhan mu berfirman kepada para malaikat, “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi…” (QS. Al-Baqarah: 30)

Manusia di muka bumi ini adalah khalifah, posisi yang tidak dimiliki oleh makhluk Allah yang lain. Posisi yang sangat spesial. Tugas utama kita adalah beribadah kepada Allah, sesuai dengan firman Allah swt.

“Dan tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia melainkan untuk menyembah kepadaku.” (QS Adz Dzariyat: 56)

Tidak berhenti di situ, ternyata ada beberapa tugas kita yang lain, yaitu menjadi pemimpin bagi diri sendiri, menjaga alam dan saling menyayangi, serta memakmurkan dan memelihara bumi. Sungguh mulia amanah sebagai seorang khalifah. Akankah kita menyia-nyiakan amanah ini? Marilah membuat jejak!

Kita lanjutkan perjalanan ini, tahukah bahwa kita hidup di dunia ini hanyalah sementara? Sangat sebentar, katanya waktu kita di dunia ini hanyalah untuk menumpang minum, lalu kita akan melanjutkan perjalanan yang sesungguhnya. Lalu, dalam perjalanan itu kita pastinya harus memiliki bekal yang cukup agar tidak kelaparan di tengah jalan. Bekal ini bukanlah bekal makan dan minum seperti yang kita bayangkan, namun bekal amal yang akan kita tunjukkan kepada Rabb alam semesta ini saat pertemuan itu tiba.

Rosulullah Saw bersabda, “Di hari kiamat nanti setiap hamba akan ditanya tentang empat hal, yaitu 1) ditanya tentang umurnya, kemanakah umur ini kita pakai, 2) tentang ilmunya, apa yang telah kita perbuat dengan ilmu ini, 3) tentang hartanya, kamanakah harta ini kita berikan, 4) tentang jiwa dan raganya, kemanakah jiwa ini kita korbankan.” (HR Imam Turmudzi)

Lalu, what next? Teringat juga tentang sebuah hadits, ada dua hal yang bisa membuat kita terlena, apakah itu?

Rosulullah Saw bersabda, “Dua nikmat yang sering orang terlena di dalamnya, yaitu kesehatan dan waktu luang.” (HR Imam Bukhori)

Bagaimana dengan keadaan kita sekarang? Apakah kita sehat? Alhamdulillaah.. Allah telah memberikan rizqi sehat kepada kita dengan berbagai potensi yang kita miliki. Apakah waktu kita luang? Pastinya.. apalagi waktu liburan seperti ini. Bukanlah saatnya kita ongkang-ongkang atau day dreaming saja. Saatnya kita membuat jejak di bumi ini sebelum kita benar-benar meninggalkannya.

Yuk yang masih merasa berjiwa muda, yang ototnya masih sekuat baja, yang otaknya masih fresh, yang semangatnya masih membara, yang masih memiliki mimpi untuk masa depan.. marilah bersama-sama kita bangun dari tidur lelap ini, bangun dan bergerak!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s